Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dinarpus Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah 

Kota Pekalongan - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) setempat mengadakan pelatihan keterampilan pemulasaran jenazah, yang berlangsung di aula kantor Dinarpus, Senin (30/5/2022).

Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpus Kota Pekalongan, Ismanto SGz mengatakan pelaksanaan pelatihan ini menanggapi kebutuhan dari masyarakat terkait pemulasaran jenazah yang menyasar masyarakat non muslim di kota Pekalongan.

“Latihan pemulasaraan jenazah khususnya untuk non muslim, kita sudah koordinasi dengan bagian kesejahteraan masyarakat Setda, untuk yang disana mengakomodir yang muslim, kita kebetulan ada kebutuhan dari masyarakat yang pemulasaran jenazah yang non muslim, tidak ada tenaga sehingga kita berikan pelatihan kepada masyarakat,” katanya.

Ismanto mengungkapan kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang bertujuan untuk mengembangkan potensi pelayanan dari perpustakaan kota Pekalongan.

“Pelatihan yang kita selenggarakan sesuai dengan ilmu terapan yang ada di buku, jadi kita mempraktekkan selain menyediakan bahan bacaan buku kita juga mengimplementasikan ilmu terapan tersebut,” tandasnya.

Lanjutnya, pihaknya berupaya untuk mengimplementasikan ilmu terapan yang ada di buku melalui berbagai macam pelatihan keterampilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga nantinya dapat terwujud peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota Pekalongan.

“Selain melakukan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, kita ingin meningkatkan keterampilan dan keahlian dari masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota Pekalongan, sehingga yang akhirnya akan terwujud suatu peningkatan kesejahteraan dari masyarakat kota Pekalongan,” pungkasnya.

Disampaikan Ismanto, sebanyak 20 peserta yang dilibatkan dalam pelatihan ini berasal dari kelompok kerukunan umat beragama yang ada di Kota Pekalongan, diantaranya dari gereja katolik, gereja protestan, vihara, serta komunitas tionghoa.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)